Selamat Datang…

…kepada seluruh pembaca.

Situs ini ditujukan untuk mereka yang menyukai cerita sejarah, khususnya sejarah internasional. Situs ini lebih banyak berfokus pada analisa suatu peristiwa, jadi bukan sekadar kisahnya itu sendiri. Isu sentral dari situs ini adalah mengenai masalah kematian Hitler yang ditulis oleh sejarawan besar, Hugh Trevor Roper.

Memang harus diakui masalah kematian Hitler tetap menjadi kontroversi hingga saat ini, terutama tentang mayatnya yang tidak pernah ditemukan. Telah banyak versi yang beredar,mulai dari lolosnya Hitler ke beberapa tempat seperti ke Amerika Selatan, biasanya di Argentina, atau ke Rhineland, atau bahkan,lebih jauh, ke benua Antartika. Di Indonesia pun beberapa waktu lalu  sempat laris buku-buku yang mengatakan  bahwa Hitler telah lari ke Indonesia seperti ke Kalimantan atau Surabaya. Hanya saja  itu masih spekulatif. Belum lagi ditambah dengan teori-teori konspirasi  liar tentang pelarian Hitler yang banyak sekali ditulis di internet. Biasanya dikatakan kalau Hitler atau Nazi memiliki hubungan dengan UFO atau makhluk asing (alien).

Kebanyakan para penulis, baik di luar negeri, dan, khususnya di Indonesia, tidak mengetahui alam pikiran dari Nazi yang sesungguhnya. Padahal esensial dari filosofi Nazi itulah yang membuat Hitler memutuskan untuk melakukan bunuh diri. Ia tetap berada di Berlin. Jadi tidak kabur kemana-mana. Menanggapi ini, situs ini mencoba untuk mengajak pembaca berpikir secara rasional dan analitis, dengan memakai pendekatan ilmu sejarah.

Situs ini memilih sejarawan Hugh Trevor karena bukunya mengenai kematian Hitler (The Last Days of Hitler) sungguh merupakan karya yang luar biasa dan brilian. Hingga saat ini buku yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1947  masih belum tertandingi dan tetap menjadi referensi utama. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada bagian introduksi. Berdasarkan karya inilah maka metode dari Hugh dapat dipelajari para pembaca situs ini untuk menganalisa peristiwa  lainnya. Memang metode Hugh bukanlah segala-galanya. Tapi tetap memiliki banyak relevansi.

Situs ini nanti juga akan memberikan bagian khusus untuk artikel popular yang akan membahas topik sejarah internasional lainnya. Selamat mengikuti.

 

Ucapan terima kasih

Terima kasih untuk Ruben yang membantu dibuatnya situs ini. Dan juga terima kasih untuk kakak-kakakku di Amerika Serikat, Monique dan Inggrid, yang ikut serta membantu dalam memberikan informasi untuk situs ini. God Bless You All.

Advertisements

3 thoughts on “Selamat Datang…

  1. Dear Mr Dino,
    What a good idea to write about history, because the future can only look brighter when we learn from the mistakes in the past.
    Please keep on writing.
    Mrs Elvira

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s