BAGIAN 1. MISTERI KEMATIAN HITLER

hitler-1

 

   Kematian Hitler memang masih merupakan misteri bagi para sejarawan. Mengapa jasadnya tidak pernah ditemukan? Dan dimanakah dia berada ketika Jerman sudah dikepung oleh pasukan Sekutu (Allied)? Hingga lima bulan lamanya setelah ditaklukkannya Nazi oleh Sekutu keberadaan Hitler tetap tidak diketahui. Dan isu mengenainya menjadi berkembang.

   Ada yang mengatakan kalau Hitler telah mati dalam pertempuran di Berlin. Ada juga yang mengatakan kalau Hitler itu telah dibunuh oleh seorang perwira di Tietgarten. Sementara yang lain mengatakan kalau Hitler itu telah kabur.Dan ini pun juga membuat banyak versi. Seperti misalnya,Hitler dikatakan telah lari entah ke Rhineland, ke biara Spanyol, ke pulau Baltik, atau, dan ini yang paling popular, ke Amerika Selatan. Ada juga versi yang mengatakan kalau Hitler itu telah lolos ke daerah pegunungan di Albania dan bergabung dengan kelompok bandit disana.

   Permasalahan menjadi semakin rumit dengan isu yang datang dari pihak Rusia. Dengan sikapnya yang sering tidak konsisten, Rusia makin mengaburkan isu lenyapnya Hitler ini. Sebetulnya Rusia memiliki posisi yang amat baik untuk menjelaskan keberadaan Hitler  karena mereka juga ikut menguasai Berlin menjelang berakhirnya perang di Eropa.

   Di suatu saat pihak Rusia mengatakan kalau Hitler itu sudah mati tapi di kemudian hari mereka meragukan kembali pernyataannya. Rusia juga mengatakan telah menemukan mayat Hitler dan Eva Braun, dan sudah melakukan identifikasi melalui giginya.Tapi di waktu berikut mereka malah menuduh Inggris yang katanya telah menyembunyikan Eva Braun, dan mungkin juga Hitler, di Jerman. Orang-orang Rusia kelihatannya suka sekali memelihara ketidakjelasan masalah ini.

  Sikap Rusia ini membuat badan intelijen Inggris yang berada di Jerman merasa resah. Inggris lalu mengambil keputusan untuk mencari bukti tentang kematian Hitler dan bila mungkin membuat versi kisah  yang sebenarnya. Untuk itulah intelijen Inggris memilih sejarawan Hugh Trevor Roper, untuk melakukan investigasi. Hugh sebelumnya pernah bekerja di dinas intelijen Inggris pada masa perang dunia kedua yang lalu.

   Untuk melakukan tugasnya ini Hugh diberikan banyak fasilitas dari Inggris dan Amerika Serikat, dan juga diijinkan untuk menginterogasi para tawanan perang. Berbekal dengan informasi yang bisa di dapat pada berkas-berkas di zona Inggris dan Amerika, mulailah Hugh melakukan investigasinya….

****

Bagaimana usaha yang dilakukan Hugh? Dan apa saja yang ditemukannya? Kita akan melihat itu pada bagian ke 2.

Sumber foto : jewishvirtuallibrary.org

 

Advertisements

One thought on “BAGIAN 1. MISTERI KEMATIAN HITLER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s