Perang Dingin

Di era 50-60an Amerika Serikat melakukan banyak pengintaian rahasia di udara.Pengintaian ini biasa dilakukan diatas wilayah Uni Soviet atau di negara-negara satelitnya.Banyak pesawatnya yang ditembak jatuh dan sebagian pilotnya tidak diketahui nasibnya.Pemerintah Amerika tidak pernah mengakui ini….

    Pada bulan April 2001 sebuah pesawat Angkatan laut Amerika dicegat oleh dua pesawat tempur J-8 milik China.Kejadian itu terjadi di dekat pulau Hainan yang terletak di laut China Selatan.Amerika bersiteguh bahwa pesawatnya terbang di atas perairan internasional namun China menganggap itu adalah wilayahnya.Dan kemudian terjadilah insiden,salah satu pesawat tempur China itu,karena terbang terlalu dekat, menabrak sayap dari pesawat Amerika dan kemudian jatuh ke laut dan menewaskan pilotnya.Pesawat Amerika yang berjenis EP-3E Aries itu segera dipaksa mendarat di pulau Hainan.Setelah dilakukan usaha diplomatik, ke 24 awak pesawat Aries itu,tiga diantaranya wanita, akhirnya dapat dipulangkan.Pemerintah Amerika meminta maaf atas kejadian ini.

Ada yang menarik dari peristiwa ini.Pesawat Amerika itu dikatakan sedang melakukan tugas yang rutin, namun bagi pengamat dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) pesawat itu sepertinya sedang melakukan misi pengintaian.Sebab,secara historis,Amerika sudah sering melakukan ini puluhan tahun yang lalu sewaktu era Perang Dingin.Apa yang terjadi pada pulau Hainan sangat mirip dengan peristiwa puluhan tahun yang lalu.

“…secara diam-diam,pesawat-pesawat itu terbang ke arah yang lain…”

Hanya saja kali ini tidak ada korban dari pihak Amerika. Di masa itu pemerintah Amerika selalu mengatakan kalau semua pesawatnya terbang di wilayah internasional.

Tapi sebetulnya, secara diam-diam, pesawat-pesawat itu terbang ke arah yang lain.Pengintaian di masa Perang Dingin itu sesungguhnya juga memakan banyak korban.Kebanyakan ditembak jatuh oleh Uni Soviet.

Berikut adalah daftar pesawat yang ditembak jatuh atau hilang yang dapat terungkap :

  • Tanggal 8 April 1950,pesawat milik Angkatan Laut jenis PB4Y-2 “Privateer” ditembak jatuh diatas laut Baltik.Sepuluh awaknya hilang atau disebut MIA (Missing In Action).
  • Tanggal 6 November 1951,pesawat jenis P2V “Neptune” milik Angkatan Laut ditembak jatuh diatas laut Jepang.Sepuluh awaknya hilang.
  • Tanggal 13 Juni 1952,pesawat jenis RB-29 milik Angkatan Udara ditembak jatuh diatas laut Jepang.Duabelas awaknya hilang.
  • Tanggal 7 Oktober 1952,pesawat jenis RB-29 milik Angkatan Udara ditembak jatuh di sebelah utara pulau Hokkaido,Jepang.Tujuh awaknya hilang dan satu orang tewas atau disebut KIA (Killed In Action).
  • Tanggal 29 Juli 1953,pesawat milik Angkatan Udara jenis RB-50 ditembak jatuh diatas laut Jepang.Tigabelas awaknya hilang,satu orang tewas,tapi satu orang ada yang selamat.
  • Tanggal 18 April 1955,pesawat jenis RB-47 milik Angkatan Udara ditembak jatuh diatas laut Pasifik di dekat pantai Kamchatka.Ketiga awaknya hilang.
  • Tanggal 10 September 1956,pesawat jenis RB-50 milik Angkatan Udara hilang diatas laut Jepang sewaktu terjadi topan.Enambelas awaknya hilang.
  • Tanggal 2 September 1958,pesawat milik Angkatan Udara jenis C-130 ,dengan serial 60528, ditembak jatuh di dekat Yerevan,Armenia.Sebelas awaknya hilang dan enam orang tewas (KIA).
  • Tanggal 1 Juli 1960,pesawat jenis RB-47 milik Angkatan Udara ditembak jatuh diatas laut Barents.Tiga awaknya hilang,satu orang tewas,tapi dua orang selamat.

 

Situs ini nanti akan memberikan artikel khusus untuk memperinci beberapa insiden ditembak jatuhnya pesawat Amerika itu.

Sumber : buku “The Price of Vigilance” karya Larry Tart dan Robert Keefe (Balantine Book,2002)

Sumber foto : combatreform.org

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s