Fenomena piring terbang era 50an

Di era 50an fenomena UFO (Undentified Flying Object) melanda negara Amerika Serikat.Fenomena yang dalam sejarah modern dimulai tahun 1947 itu membuat pemerintah Amerika merasa resah.Ketertutupan menjadi sikap pemerintah Amerika dalam menanggapi maraknya benda asing terbang yang berbentuk piring,oval,atau pun elips ini.Di masa itu juga terjadi banyak perdebatan antara Angkatan Udara dengan para ilmuwan.Mengapa  tidak diungkap  ? Dr.J.Allen Hynek,seorang astronom yang ditunjuk Angkatan Udara untuk menyelidiki UFO,menjelaskan ini…

     Sewaktu bertugas Allen Hynek bekerja sama dengan badan intelijen Angkatan Udara yang bernama ATIC atau Air Technical Intelligence Center yang ada di pangkalan udara WrightPatterson,di Dayton,Ohio.Badan itu bertugas menganalisa informasi intelijen untuk Angkatan Udara dan sejak periode tahun 1947-48 ATIC sudah menerima laporan awal mengenai UFO.

Apa yang dialami Hynek sewaktu mengadakan penyelidikan sangat mengherankannya.Ia melihat adanya ketakutan yang amat besar pada intelijen ATIC karena mereka selalu menerima laporan UFO yang terus-menerus dari segala penjuru.Dan mereka tidak mampu menjelaskannya.Untuk mencegah kepanikan dalam masyarakat ATIC selalu melakukan seleksi dalam menganalisa laporan.Mereka akan menganggap enteng laporan yang berasal dari warga sipil.Tapi kalau laporan yang datang dari anggota militer mereka agak berhati-hati.

Ini membuat Hynek berpendapat bahwa :

  • Angkatan Udara sesungguhnya khawatir akan fenomena piring terbang ini.Mereka menganggapnya sebagai ancaman.Mereka tidak peduli apakah UFO itu berasal dari negara lain,atau pun dari planet lain.
  • Angkatan Udara kelihatannya lebih memprioritaskan pada alasan keamanan daripada tujuan saintifik,sekalipun mereka,katanya, juga mengadakan penyelidikan ilmiah.

Dalam berbagai kasus,pihak Angkatan Udara selalu mencoba merasionalkan penampakan UFO dengan memberikan penjelasan bahwa itu adalah meteor,khususnya untuk penerbang, atau halusinasi.

Di dalam ATIC  sendiri  terjadi dua macam pendapat mengenai UFO.Pendapat pertama mengatakan kalau UFO itu adalah pesawat antar planet.Itu berarti pihak militer harus bersiap-siap untuk menghadapinya.Pendapat kedua adalah UFO itu cuma salah persepsi,atau ulah orang iseng,atau halusinasi dari orang yang trauma akibat perang (postwar nerves).

Demi menjaga stabilitas keamanan,pemerintah Amerika memilih pendapat yang kedua dalam menangani masalah UFO.

“Kekuatiran ini makin menjadi-jadi ketika armada UFO pernah  melintasi langit diatas Gedung Putih…”

Kita melihat bahwa kekhawatiran adalah sikap yang mendasar dari pemerintah Amerika ketika menghadapi fenomena UFO.Kekuatiran ini makin menjadi-jadi ketika armada UFO pernah  melintasi langit diatas Gedung Putih, pada malam hari di bulan Juli 1952.Peristiwa yang dikenal sebagai “Washington Flap” ini juga direkam oleh kamera.Wilayah angkasa diatas Gedung Putih sebetulnya merupakan daerah yang terlarang untuk penerbangan.

Di jaman internet ini,banyak sekali orang yang suka mengatakan bahwa Amerika telah melakukan konspirasi dengan makhluk-makhluk asing (alien) untuk keuntungannya.Itu sebabnya Amerika dikatakan suka berahasia atau cover-up mengenai masalah UFO.Budaya pop macam serial TV The X-Files atau Dark Skies makin mempopularkan teori konspirasi seperti ini.

Tapi dari analisa sejarah diatas,kita melihat bahwa kekuatiranlah yang membuat Amerika bersikap demikian dan bukan konspirasi.

Uni Soviet,rival Amerika sewaktu Perang Dingin,juga bersikap yang sama ketika menghadapi fenomena UFO di negaranya.

Ya,dimana ada kerahasiaan disitu selalu muncul teori konspirasi.

Sumber : buku “The Hynek UFO Report” oleh Dr.J.Allen Hynek (SPHERE BOOKS LIMITED,1978)

Sumber foto : ufoevidence.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s