Analisa

Kemana kapal selam U-boat ? 

    Sebelum armada Sekutu mencapai pantai Normandia tahun 1944,kapal- kapal mereka tentu melewati lautan yang masih rawan dengan kapal selam Jerman.Tapi kenyataannya tidak terjadi halangan.Apa yang menyebabkannya ? Dan bagaimana peran U-boat setelah invasi Normandia ? Jon Guttman,dari Research Director World History memberikan penjelasan berikut…

  •  Armada kapal selam Jerman telah mengalami kekurangan bahan bakar dan juga kekurangan tenaga awak yang terlatih.
  • Sebagian besar kapal selam Jerman telah dihancurkan oleh Inggris di teluk Biscay dan juga oleh satuan khusus anti kapal selam.Ini membuat operasi kapal selam U-boat menjadi sungguh terbatas hingga musim panas tahun 1944.
  • Setelah Sekutu menginvasi Normandia,di bulan-bulan berikut Jerman kehilangan pelabuhannya di Perancis dan juga dok dimana kapal selamnya berlabuh.Penghancuran dok-dok kapal selam ini khususnya dilakukan oleh pesawat pembom Inggris,Avro Lancaster,yang menjatuhkan bom-bom yang disebut Tallboy dan Grand Slam.
  • Pada tanggal 4 Mei 1945, di pagi hari, Admiral Karl Dönitz memberikan perintah kepada seluruh awak kapal selam untuk menghentikan sikap permusuhan terhadap kapal-kapal Sekutu.Saat itu Jerman masih memiliki 375 U-boat yang operasional dan 64 diantaranya berada di laut.Dari jumlah 64 itu, 56 diantaranya menyerah kepada Sekutu atau berlabuh ke pelabuhan yang netral.
  • Untuk armada U-boat yang belum menerima perintah Admiral Karl Dönitz,mereka masih melanjutkan serangan torpedo terhadap kapal Sekutu hingga tanggal 7 Mei.Ini mengakibatkan 12 U-boat tenggelam dan menewaskan 294 awak.Jumlah U-boat terakhir yang menyerah ada sebanyak 156 dan jumlah U-boat yang telah ditenggelamkan oleh awaknya ada 129.

Sumber : historynet.com

Sumber foto : canadiancontent.net

Untuk info lebih jauh mengenai peran kapal selam U-boat bisa lihat situs : http://uboat.net/fates/at-sea.htm